Home » » Hal Penting Bagi Blogger :: Definisi Domain dan Hosting Untuk Blog dan Website

Hal Penting Bagi Blogger :: Definisi Domain dan Hosting Untuk Blog dan Website

Written By Adsloko on Rabu, 02 November 2011 | Rabu, November 02, 2011

Hal Penting Bagi Blogger :: Definisi Domain dan Hosting Untuk Blog dan Website - Website merupakan sebuah tempat yang ada di internet sehingga semua orang di penjuru dunia dapat melihat Anda dimanapun tempatnya dan kapanpun waktunya tentunya dengan harga yang sangat murah. Dengan adanya internet maka website dapat diakses dimanapun kita berada dan tentunya dengan harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan hal yang kita peroleh.

Dan dengan adanya website maka Anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memberitahu dunia mengenai Siapa Anda
  2. Memberitahu Dunia Mengenai Bisnis Anda
  3. Transaksi Jual-Beli secara Online
  4. Melakukan survei perusahaan atau pemerintah secara Online
  5. Pengumuman Lowongan Kerja
  6. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan website untuk Anda
Internet adalah pusat perdagangan dunia dan website Anda adalah toko atau perusahaan di pusat perdagangan tersebut.

CARA KERJA WEBSITE
Jadi website merupakan sebuah kumpulan file yang berisi informasi atau data yang akan Anda sampaikan kepada Dunia, yang perlu Anda simpan kedalam sebuah tempat di Internet. hal ini dapat kita analogikan sebagai sebuah folder yang akan kita simpan kedalam sebuah hard disk. Folder tersebut harus kita beri nama yang unik sehingga tidak akan ada nama folder yang sama di dalam hard disk yang sama, begitu juga tidak ada nama website yang sama di dalam internet. Ketika seseorang mengetikkan nama folder Anda di dalam sebuah browser maka website Anda akan muncul atau tampil sehingga orang tersebut mengetahui dan memahami pesan yang Anda sampaikan lewat website tersebut.

PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING
Untuk memulai memiliki sebuah website maka Anda memerlukan sebuah nama dan tempat untuk menyimpan website Anda. Hal ini dapat diibaratkan ketika Anda berencana memiliki sebuah toko profesional maka hal pertama yang akan Anda tentukan adalah konsep atau focus perusahaan, nama toko dan tempat dimana toko Anda akan berdiri. Nama toko Anda di internet disebut sebagai nama domain (seperti : www.yahoo.com, www.google.com, www.sponsoriklan.wordpress.com ), sedangkan tempat toko Anda berdiri disebut sebagai web hosting.

LANGKAH MUDAH MEMILIKI WEBSITE:
Langkah 1: Daftarkan Domain ke Web Hosting untuk Website Anda
Langkah 2: Siapkan Bahan Website Anda
Langkah 3: Promosikan Website Anda
Langkah 4: Analisa Website Anda

1:: DAFTARKAN DOMAIN KE WEB HOSTING UNTUK WEBSITE ANDA
Hal pertama yang akan Anda butuhkan adalah sebuah alamat website (url/domain) yang mudah diingat agar para pengguna internet dapat dengan mudah menemukan website Anda. Hal tersebut menjadikan Anda harus memiliki sebuah “Nama Domain” (mis: www.BisnisAnda.com atau www.SekolahAnda.co.id), para pengguna internet cukup mengetik www.BisnisAnda.com atau www.SekolahAnda.co.id di browser mereka untuk mengunjungi website Anda tersebut. Salah satu contoh yang paling sering kita lakukan dalam penggunaan “Nama Domain” adalah ketika membuka jendela www.yahoo.com atau cukup mengetik yahoo.com tanpa mengikutkan www.

Setelah mendapatkan “Nama Domain” maka Anda memerlukan sebuah tempat layanan penyimpanan data Website yang disebut dengan Web Hosting (layanan penyedia space berupa hard disk di sebuah komputer server untuk menyimpan halaman-halaman website). Banyak perusahaan penyedia “Nama Domain dan Hosting” yang dapat Anda temui, pemilihan perusahan ini dapat Anda pilih sesuai dengan spesifikasi pelayanan yang Anda perlukan seperti Apakah Anda perlu Customer Services yang Online 24jam dalam 7hari, Bandwitdh yang besar untuk lalulintas pengunjung Anda, Tempat penyimpanan file yang begitu Besar/Kecil, Server yang begitu Hebat, Tidak ada istilah Downtime dll.
Beberapa Perusahaan Penyedia “Nama Domain & Hosting” yang dapat Anda kunjungi antara lain adalah:
  • http://www.hostgator.com (berbayar)
  • http://www.jogjacamp.com (berbayar)
  • http://www.idwebhost.com/ (berbayar)
  • http://www.000webhost.com (Free)
  • http://www.bravenet.com/ (Free)
  • http://www.110mb.com/ (Free)
  • http://www.free-webhosts.com/ (Free)
  • http://www.byethost.com/ (Free)
  • http://www.doteasy.com/ (Free)
  • http://www.yourfreehosting.net/ (Free)
Jika kita amati dalam kehidupan nyata sebuah Web Host adalah pemilik gedung pertokoan yang menyewakan toko-toko tersebut kepada para pelaku bisnis, dengan setiap pelaku bisnis menjalankan bisnisnya tanpa harus mengkhawatirkan masalah perawatan gedung. Di dalam dunia maya Web Host tersebut menyewakan tempat/space di dalam komputer/web server kepada pelaku bisnis internet, dengan setiap pelaku bisnis internet tanpa harus khawatir masalah perawatan komputer/web server.

2:: SIAPKAN BAHAN WEBSITE ANDA
Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang akan ditampilkan di internet, dapat berupa text, gambar, video, atau audio (suara). Agar text Anda dapat diterjemahkan oleh sebuah “Browser” maka terlebih dahulu file tersebut Anda simpan kedalam text editor dengan format .html atau .php. Sedangkan file gambar harus Anda rubah kedalam format JPEG atau GIF (.jpg atau .gif). Untuk merubah format gambar Anda dapat menggunakan beberapa tools yang bersifat gratis ( mis: GIMP) atau berbayar (mis: Photo Shop, Fireworks, Corel Draw/Photo Paint, Paint Shop Pro).

3:: PROMOSIKAN WEBSITE ANDA
Sangat disayangkan jika Anda telah bersusah payah membuat website yang begitu bagus tetapi tidak dikenal oleh orang banyak maka untuk itu Anda perlu mempromosikannya dengan berbagai macam cara, antara lain buatlah iklan banner, melalui brosur, media massa, M2M (eh maaf maksudnya Mulut ke Mulut), melalui situs penyedia jasa pengiklan, kartu nama, dan masih banyak lagi cara yang dapat Anda gunakan).

4:: ANALISA WEBSITE ANDA
Anda dapat menganalisa Website Anda dengan cara melihat “Statistik” pengunjung, jumlah komentar, fasilitas pertukaran link yang Anda sediakan. Jika Website Anda memiliki Statistik pengunjung yang sangat tinggi maka Anda dapat menyediakan fasilitas pemasangan banner/iklan berbayar di Website Anda, dalam pengertiannya Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari Website Anda ini).

Akhir kata Saya ucapkan terimakasih telah berkunjung dan sudi membaca artikel ini. Memang Benar ini adalah hal yang sangat penting bagi kita :: blogger net :: untuk mengerti dan memahami pengertian Domain Name dan Hosting. Agar kita dapat sukses dalam dunia internet. "Bangunlah Pondasi Yang Sangat Kuat sebelum Membangun Bangunan Yang Sangat Megah dan Ramai"

Demikian artikel yang dapat disampaikan atas kunjungannya http://adsloko.com ucapkan terimakasih.

Salam Hangat,
Penemu dan Pengembang

www.adsloko.com
Share this article :

1 komentar:

  1. makasih gan informasinya. bermanfaat buat ane yg ingin tau wordpress offline

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

@My Follower

 
Support : TipsNgeblog
Copyright © 2013. Tips Dan Trik Ngeblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TipsDanTrikNgeblog
Proudly powered by Blogger