Home » » Cara Membuat Blog Di Mesin Blogger

Cara Membuat Blog Di Mesin Blogger

Written By Adsloko on Minggu, 30 Oktober 2011 | Minggu, Oktober 30, 2011

Ok teman, apa kabar pagi hari ini? Semoga baik-baik saja semuanya. Pada kesempatan kali ini kita jumpa pada tutorial bagaimana cara membuat blog di mesin blogger. Jadi jika pada saat ini teman-teman ada yang belum mempunyai blog sendiri jangan berkecil hati karena kita akan membahas bagaimana cara membuatnya secara mudah dan cepat. So…nikmati tutorial berikut ini…



Langkah awal yang kita lakukan untuk membuat sebuah blog adalah menentukan terlebih dahulu mesin apa yang akan kita gunakan untuk membuatnya, tapi tidak lupa juga kita sudah menentukan tema atau judul blog yang akan kita buat. Ok… sekarang saya asumsikan bahwa teman-teman semua sudah tahu tema blog apa yang akan dibuat.

Buka alamat http://www.blogger.com di browser Anda maka akan tampil sebuah form seperti gambar masukkan email dan password di bawah ini.

Masukkan Email dan Password
Masukkan Email dan Password
Masukkan alamat email (tentunya yang ada di @gmail.com), jika belum punya email ya buat saja di google karena caranya sangat mudah, kemudian password-nya. Klik tombol Sign In.

Kemudian Anda akan dibawa menuju langkah selanjutnya seperti ditunjukkan oleh gambar Display Name dan TOS dibawah ini. 

“Oh ya teman ini ada pertanyaan dari tetangga sebelah, bagaimana jika kita tidak memiliki sebuah email di google?, jawabannya sederhana yaitu buat aja di google karena FREE alias tidak bayar apalagi mudah dan cepat”.

Display Name dan TOS
Display Name dan TOS
Kita lihat iklan dulu sebentar ah… sebelum membahas lebih lanjut, heheheh emang kita lagi lihat pilem apa? Ok ini yang ingin saya bahas sebentar, secara sekilas dapat kita lihat bahwa membuat blog di blogger terdiri dari tiga langkah mudah yaitu
  1. Sign Up (daftar)
  2. Name Blog (beri nama blog)
  3. Choose Templates (pilih template)
Jadi memang mudah kan membuat blog itu……

OK kita kembali lagi ke langkah selanjutnya yaitu langkah yang ke 1. SIGN UP dengan mengisi display name dan gender kemudian centang Acceptance of Terms alias setuju dengan seluruh peraturan yang dibuat oleh mesin blogger (seperti ditunjukkan oleh gambar display name dan TOS). 

“Ada pertanyaan lagi nieh dari tetangga, Bagaimana jika kita tidak setuju dengan peraturan blogger? Jawabannya sederhana sekali yaitu Blog Anda tidak akan pernah bisa dibuat di blogger, hehehe… jadi jangan lupa untuk centang persetujuan tersebut”.

Selanjutnya klik tombol CONTINUE untuk melanjutkan menuju langkah selanjutnya yang akan ditunjukkan oleh gambar tombol ciptakan blog anda… Sebelum lanjut ada pertanyaan gak? Saya yakin tidak akan ada pertanyaan hehehe. OK lanjut ke langkah selanjutnya…

Tombol Ciptakan Blog Anda
Tombol Ciptakan Blog Anda
OK pada langkah selanjutnya seperti ditunjukkan oleh   gambar tombol ciptakan blog anda tersebut diatas maka kita tidak perlu melakukan pengisian data dan dapat dikatakan bahwa kita sudah diijinkan untuk memiliki sebuah blog dari mesin blogger. OK kita lanjut saja, Klik tombol CIPTAKAN BLOG ANDA maka Anda akan segera memiliki blog idaman. Setelah klik tombol tersebut maka Anda akan dibawa ke langkah yang ke 2. NAME BLOG seperti ditunjukkan gambar beri nama dan alamat blog berikut ini.

Beri Nama dan Alamat Blog
Pada langkah yang ke 2. NAME BLOG atau NAMAI BLOG ada dua hal penting yang harus kita perhatikan yaitu judul blog dan alamat blog. Berikanlah dua hal tersebut dengan nama yang sesuai dengan tema blog yang Anda inginkan karena dua hal tersebut merupakan hal yang akan diingat oleh para pengunjung setia blog Anda (catatan: temukan pembahasan dua hal tersebut lebih lanjut pada posting adsloko selanjutnya).


Judul blog akan tampil sebagai header blog sedangkan alamat blog merupakan alamat blog yang dapat ditemukan di internet dengan mengetikkannya di browser seperti http://www.NamaAnda.blogspot.com karena kita menggunakan domain dan hosting yang FREE maka alamat kita ada tambahan blogspot dibelakang alamat kita. Tapi gak po2 tho J namanya juga FREE/GRATIS.

Ada pertanyaan dari tetangga nieh….dari tadi pertanyaan tetangga terus kapan pertanyaan dari pembaca nieh… sabar para pembaca bisa memberikan pertanyaan pada form komentar di posting ini kok… malah lebih live maksudnya langsung Om… mana pertanyaannya jangan banyak ngomong aja..iiya iya ini pertanyaannya. Bagaimana cara menghilangkan nama tambahan blogspot pada alamat blog Saya, misalnya alamat tersebut menjadi http://www.NamaAnda.com gampang jawabannya, mau tahu???? Ya kita harus sewa sendiri Domain dan Hosting alias kita Bayar…..

Langkah selanjutnya setelah memberi judul blog dan menentukan alamat blog, klik tombol CONTINUE atau LANJUTKAN maka kita akan dibawa ke langkah selanjutnya yaitu langkah yang ke 3. CHOOSE TEMPLATE atau PILIH TEMPLATE seperti ditunjukkan gambar pilih templates berikut ini.


Pilih Templates Blog
Pilih Templates Blog
Pada langkah yang ke 3. CHOOSE TEMPLATE ini kita disuruh untuk memilih template atau tampilan blog sesuai dengan keinginan kita, jika Anda tidak puas dengan tampilan template yang disediakan oleh mesin blogger maka Anda dapat mencarinya secara free atau berbayar melalui search engine misal om google atau yahoo, disana banyak sekali pilihan template yang bagus-bagus dan sesuai dengan tema blog Anda.

Untuk sementara pilih saja template yang telah disediakan oleh mesin blogger dan klik tombol CONTINUE atau LANJUTKAN untuk menyelesaikan pembuatan blog Anda. Loh udah selesai ya cara membuat blognya…yoi teman ini sudah langkah terakhir karena setelah klik tombol tersebut maka akan ditampilkan informasi bahwa Anda sudah “SIAP MEMILIKI BLOG KESAYANGAN” seperti ditunjukkan gambar klik mulai blogging berikut ini.

Klik Mulai Blogging
Klik Mulai Blogging
Selamat Anda sudah memiliki blog yang diinginkan klik tombol MULAI BLOGGING untuk memulai menulis artikel atau posting untuk blog Anda. Dan untuk membuktikan bahwa blog Anda sudah jadi maka ketikkan alamat seperti yang telah Anda ketikkan pada langkah ke 2. NAME BLOG atau NAMAI BLOG di browser misalnya http://www.NamaAnda.blogspot.com maka akan tampil blog dengan tampilan yang Anda pilih pada langkah ke 3. CHOOSE TEMPLATE atau PILIH TEMPLATE tapi isinya masih kosong karena Anda belum mengisinya.

Akhir kata, Saya ucapkan terimakasih telah berkunjung di blog kami. Jika masih ada pertanyaan seputar "Cara Membuat Blog Di Mesin Blogger" jangan sungkan atau malu bertanya. Karena memang benar kata pepatah berikut ini: "Malu Bertanya Maka Sesat Dijalan".

Berikut adalah artikel kami terkait dengan cara ngeblog dan merancang website sendiri:
  1. Tips dan Trik Ngeblog ala Wordpress
  2. Tips dan Trik Merancang Website :: HTML (Hypertext Markup Language)
  3. Tips dan Trik Merancang Website :: PHP
  4. Tips dan Trik Merancang Website :: CSS (Cascading Style Sheet)
  5. Tips dan Trik Meraup Uang Berlimpah Dari Internet


Salam Sukses


Penemu dan Pengembang
www.adsloko.com



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

@My Follower

 
Support : TipsNgeblog
Copyright © 2013. Tips Dan Trik Ngeblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TipsDanTrikNgeblog
Proudly powered by Blogger