Home » » Makna dan Fungsi Pagerank Bagi Kelangsungan Hidup Website/Blog

Makna dan Fungsi Pagerank Bagi Kelangsungan Hidup Website/Blog

Written By Adsloko on Rabu, 26 Oktober 2011 | Rabu, Oktober 26, 2011

Hello Adsloko-ers hehehe kayaknya memaksa banget bwt bilang kayak gitu. Tapi gak apa-lah lawong namanya juga berkreasi sendiri kan boleh2 saja. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pagerank dan fungsinya bagi kelangsungan hidup blog atau website yang kita miliki.




Page rank dapat kita artikan atau definiskan seberapa besar peluang sebuah website untuk menjadi no.1 di mesin pencari atau pengindex seperti google, yahoo, bing, dll sehingga dapat dengan mudah ditemukan untuk dibaca oleh pengunjung internet dengan cara mengetikkan sebuah keywords atau kata kunci.

Misalnya Anda ketikkan kata kunci "blog" diberberapa mesin pengindex dan hasilnya pasti belum tentu sama antara mesin pengindeks satu dengan yang lainnya. Seperti yang pernah saya lakukan dan hasilnya adalah sebagai berikut di google, kata kunci "blog" peringkat pertama diduduki oleh www.blogger.com sedangkan di bing diduduki oleh http://en.wikipedia.org/wiki/Blog.

Mungkin dari sedikit ilustrasi diatas temen-temen sudah mengerti apa fungsi atau manfaanya jika blog atau website kita berada di peringkat pertama.!!!???!!!???!!!####$$$$??? masih ada yang bingung kayaknya.

OK sekarang kita jelasin apa manfaatnya bagi kelangsungan hidup kita. Jika blog atau website kita dapat menduduki peringkat pertama pada kata kunci yang paling banyak dicari oleh manusia tentunya Anda senang karena blog Anda mempunyai banyak peluang untuk dikunjungi oleh pengunjung internet. Nah kalo blog atau website berpeluang tinggi dikunjungi netter2 diseluruh dunia maka kesempatan Anda untuk merekrut anggota, mempromosikan produk atau jasa kepada pengunjung internet secara tepat sasaran sangat besar. Sudah jelas tho sekarang apa manfaat terakhirnya? Jika Anda ingin mendulang uang di internet? ya tepat sekali, kesempatan mendapatkan uang berlimpah melalui media internet sangat besar, Tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang ini untuk meraih kesuksesan.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana kita dapat menganalisa kondisi pagerank blog kita sehingga strategi pemasaran barang dan jasa yang kita tawarkan mempunyai kesempatan yang tinggi untuk bisa terjual habis kepada netter2 yang sedang berkunjung di blog atau website kita. Jawabannya sederhana, gunakan saja tool yang telah tersedia di internet karena bisa didapat secara gratis tanpa bayar kecuali kalo Anda seorang dermawan yang suka memberikan donatur itu lain ceritannya, pasti banyak yang senang dech... :).

"Oh iya hampir lupa, nilai pagerank sebenarnya menyatakan seberapa besar jumlah pengunjung internet yang berkunjung dan meng-explore semua artikel yang Anda miliki. Dan seberapa pentingnya website/blog bagi pengunjung, sampai2 mereka rela menulis link alamat website/blog Anda di dalam halaman website/blog mereka."

Salah satu tool atau alat yang dapat digunakan untuk memonitor dan menganalisa pagerank website/blog adalah alexa. Ada juga sebuah website yang menyediakan fasilitas mereview pagerank google website/blog Anda secara online yaitu prchecker (just info, untuk menggunakan fasilitas ini tinggal pergi ke alamat tersebut --> masukkan url website Anda -->masukkan kode spam -->klik verify ntar muncul pagerank website/blog yang barusan dimasukkan) tetapi pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas mengenai alexa.com.

Sekarang banyak pertanyaan nieh mengenai bagaimana alexa.com dapat menghitung pagerank website/blog? Sepengetahuan saya ketika pergi ke alamat alexa.com dan pergi ke berbagai sumber misalnya om google ataupun forum2 yang membahas mengenai "bagaimana cara kerja alexa" dapat disimpulkan bahwa pagerank website/blog dihitung berdasarkan jumlah toolbar site kita yang diinstal di komputer orang lain dan toolbar tersebut digunakan untuk mencari artikel website/blog kita. (Wah kayaknya sulit banget ya dapat pagerank atau alexa rank buat blog kita).

Jadi ketika toolbar kita diinstal dikomputer orang lain maka alexa dapat menghitung jumlah pengunjung blog dan page viewnya, kemudian menghitung alexa rank website/blog tersebut. Ketika artikel ini ditulis, toolbar alexa hanya cocok untuk beberapa borwser saja yaitu Internet Explorer: 6.0 or newer, Firefox: 3.0.9 or newer dan Google Chrome.

Nah bagaimana agar toolbar kita dapat diinstal oleh orang lain? Anda dapat menawarkannya atau mempromosikannya kepada pengunjung agar menginstal toolbar yang telah disediakan di website/blog Anda seperti yang saya punya ini.

Get our toolbar!
Download & Instal Toolbar

Jika ingin tahu seperti apa toolbar yang akan Anda milki jika menggunakan fasilitas www.alexa.com maka insatal saja toolbar di atas. atau kalo Anda mau ntar kita bertukaran toolbar, bagaimana????? selamat mencoba....!!!! Semangat semangat SemAnGat....


Berikut ini ada beberapa tips jika kita ingin agar alexa rank website/blog meningkat:
  1. Instal toolbar Anda kedalam browser komputer yang Anda miliki (jangan sampai tidak dilakukan, karena hal ini menggambarkan betapa sayangnya Anda kepada blog yang Anda miliki). Jangan sampai Anda menyuruh orang lain memasang toolbar tetapi Anda sendiri tidak memasangnya. hehehehhe :) :) :)
  2. Instal widget alexa kedalam halaman website/blog, seperti yang telah Saya lakukan ini (lihat ke menu sebelah kanan --> Our Tool's Bar). Maksudnya biar Anda semangat untuk selalu berkarya.....
  3. Promosikan toolbar Anda keteman2 terdekat atau keluarga agar mereka menginstal toolbar milik Anda kedalam komputer mereka. Dan katakan kepada mereka agar menggunakan toolbar untuk mencari artikel kedalam website/blog Anda.
  4. Anda bisa membayar warnet untuk menginstal toolbar Anda kedalam setiap komputer mereka (hehehe tentunya bayar donk...., syukur2 tidak perlu bayar)
  5. Tulis saja content mengenai alexa.com kedalam posting website/blog Anda. Secara logika mereka pasti akan senang seperti ketika orang lain menulis tentang kita di dalam artikel mereka, pasti senang tho..... 
  6. Anda dapat menggunakan URL redirect seperti  http://redirect.alexa.com/redirect?www.adsloko.blogspot.com sebagai tanda alamat Anda pada saat berkomunikasi dengan seseorang atau sebuah forum. Rubah www.adsloko.blogspot.com menjadi www.NamaAnda.com.
  7. Anda dapat memasang iklan di website atau blog yang menyediakan fasilitas iklan baris, just info: banyak yang gratis bro...., klik daftar iklan baris berikut ini!!!!

Jika masih ada pertanyaan seputar "Makna dan Fungsi Pagerank Bagi Kelangsungan Hidup Website/Blog" jangan sungkan atau malu bertanya. Karena memang benar kata pepatah berikut ini: "Malu Bertanya Maka Sesat Dijalan".

Berikut adalah artikel kami terkait dengan, cara ngeblog dan merancang website sendiri:
  1. Tips dan Trik Ngeblog ala Wordpress
  2. Tips dan Trik Merancang Website :: HTML (Hypertext Markup Language)
  3. Tips dan Trik Merancang Website :: PHP
  4. Tips dan Trik Merancang Website :: CSS (Cascading Style Sheet)
  5. Tips dan Trik Meraup Uang Berlimpah Dari Internet




Salam Sukses


Penemu dan Pengembang
www.adsloko.com



    Share this article :

    1 komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.

    @My Follower

     
    Support : TipsNgeblog
    Copyright © 2013. Tips Dan Trik Ngeblog - All Rights Reserved
    Template Created by Creating Website Used by TipsDanTrikNgeblog
    Proudly powered by Blogger