Home » » Cara Membuat Read More Pada Posting Blog Blogspot

Cara Membuat Read More Pada Posting Blog Blogspot

Written By Adsloko on Senin, 07 November 2011 | Senin, November 07, 2011

Hai kawan jumpa lagi dengan adsloko dalam tutorial “Cara membuat read more di posting blogger”. Bagi Anda mungkin ada yang bertanya apa itu “read more”, Saya jawab langsung saja yach… read more adalah fasilitas yang menjadikan posting kita tidak ditampilkan secara keseluruhan tetapi hanya sebagian saja sesuai dengan keinginan kita. Terus bagaimana artikel dapat ditampilkan secara keseluruhan? Yaitu dengan cara klik link “read more” tersebut.


Dengan kata lain fasilitas read more tersebut kita manfaatkan atau gunakan untuk memperpendek artikel yang ditampilkan di halaman  biasanya halaman “Home” dan ditampilkan secara keseluruhan di halaman detail artikel. Terus bagaimana jika kita tidak menggunakan fasilitas read more pada artikel? Ya tentunya semua artikel akan ditampilkan apa adanya sesuai dengan panjang artikel di dalam satu halaman, dan tentunya akan menjadikan halaman tersebut menjadi panjang bahkan akan menjadikan beberapa judul artikel akan tidak diketahui pengunjung pada saat membuka halaman tersebut pertama kali kecuali menggunakan scroll untuk mencari tahu artikel apa saja yang telah Anda tulis.

Kalimat “read more” mungkin sering kita temui di artikel-artikel yahoo, google atau website yang berbahasa indonesia dengan kalimat lain yaitu “baca selanjutnya, selanjutnya atau yang lainnya”.

Jika masih belum paham kita langsung ke contoh saja yach.. gambar 1 berikut merupakan “read more” yang kita maksud… eh bentar tapi kok tulisannya bukan read more tapi Baca selengkapnya >> Oh iya karena contoh blog yang kita pakai ini memakai bahasa indonesia.


Gambar 1

Nah jika kita ingin melihat artikel secara lengkap maka kita tinggal klik link “Baca selengkapnya >>” maka akan ditampilkan secara keseluruhan artikel tersebut kedalam halaman detail seperti ditunjukkan oleh gambar 2.

Gambar 2

Terus bagaimana cara membuatnya? Yaitu gampang sekali karena blogger sudah menambahkan fasilitas ini kedalam mesinnya jadi para penikmat blogger tinggal lakukan klik saja pada bagian artikel yang ingin dipotong atau disembunyikan. Kalo pada template blogger klasik dulu belum ada fasilitas read more sehingga kawan-kawan yang ingin menambahkan fasilitas ini harus melakukan modifikasi terhadap script HTML & CSS nya. Ntar kita bahas jika masih ada yang bingung.

Ayoooo cepat dibahas donk bagaimana cara membuatnya sudah gak sabar nieh untuk bisa…. OK2 ini caranya… ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk kedalam halaman editing atau content management system blogger dan pilih entri posting dan mulai menulis posting Anda yang kira-kira seperti ditunjukkan oleh gambar 3.

Gambar 3

2. Tempatkan kursor ditempat artikel yang akan dipotong, misalnya artikel dipotong setelah kalimat “Contohnya adalah potong disini” setelah itu klik tanda seperti yang dilingkari pada gambar 3. Maka akan muncul garis putus-putus setelah kalimat tersebut, hal ini menandakan bahwa artikel anda telah ditambahkan fasilitas read more. Oh ya sebenarnya fasilitas ini disebut “Insert Jump Break”

3. Loh terus kok gak ada tulisan “read more” pada artikel yang sedang kita tulis? Coba klik tab “Edit HTML” pada pojok kanan maka Anda akan temui tulisan atau kode “<!--more-->” seperti ditunjukkan oleh gambar 4 berikut.

Gambar 4

4. Ok Jika sudah selesai menulis artikel atau posting maka simpan artikel dan lihat blog Anda maka akan Anda dapati bahwa artikel-artikel yang telah ditambahkan fasilitas read more akan nampak seperti gambar 1 dan jika kita klik link read more atau “Baca selengkapnya >>” maka akan ditampilkan seperti gambar 2





Share this article :

7 komentar:

  1. wah bermanfaat gan..
    ijin follow,, di tungggu folbacknya....:D

    BalasHapus
  2. ILMUNYA SANGAT BERMANFAAT SAUDARAKU,,
    SALAM KENAL YAH,,, KALAU ADA WAKTU JALAN JALAN LAH KE RUMAH SEDERHANA SAYA,,TAPI GA ADA KOPI N KUE NYA,,, HHHH,
    SALAM HANGAT.

    BalasHapus
  3. BALIK LG,, ADA TERLUPAKAN----izin copy yah saudaraku,, apabila ada sesuatu yg masuk di hati,,,maklum, PEMULA,,heheh,, terima kasih yah ,,

    BalasHapus
  4. wah padahal saya susah2 nyari sciptnya eh.. gak taunya blogger udah nyiapin.. dulu saya fikir icon jum itu cuma menuh2hin icon aja.. eh gak taunya berguna.. makasih om postingannya bagus

    BalasHapus
  5. Masa di blog saya bukan Read More yg kluar melainkan Facebook -_- Silahkan dilihat www.jeefef.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Trims infonya kawan.. top

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

@My Follower

 
Support : TipsNgeblog
Copyright © 2013. Tips Dan Trik Ngeblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Used by TipsDanTrikNgeblog
Proudly powered by Blogger